Publikasi Program dan Kegiatan Dinas Perhubungan Kab. Bogor

Bogor, gemmarakyat.com,- Pemilihan pelajar pelopor sebagai wujud perhatian pemerintah akan pentingnya keselamatan mengingat tidak sedikit kecelakaan lalulintas di jalan melibatkan para pelajar. Menurut data yang didapat dari Korlantas Polres Bogor bahwa sebanyak 250 pelajar dan mahasiswa selama bulan Januari s/d Desember 2018 di wilayah Kabupaten Bogor penyumbang tertinggi kecelakaan lalu lintas dibanding profesi lainnya. Kendaraan terbanyak yang mengalami kecelakaan adalah sepeda motor dan kejadian saat jam sibuk kegiatan.

Program ini merupakan wujud kepedulian pemerintah untuk ikut berperan aktif dalam rangka menurunkan angka kecelakaan dan meningkatkan keselamatan dijalan. Salah satu tujuan kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan disingkat PPKJ adalah meningkatkan kesadaran dan peran serta pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas dan mengurangi resiko kecelakaan di jalan, sejalan dengan program pemerintah dalam rangka program decade aksi keselamatan jalan periode 2011-2021 yang dicanangkan pemerintah pada Juni 2011.

Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan  (PPKJ) adalah sebuah proses penilaian atau seleksi terhadap pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan atau sederajat di Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Pemenang di tingkat Kabupaten/Kota berhak mengikuti pemilihan di tingkat Provinsi. Pemenang di tingkat Provinsi berhak mengikuti pemilihan ketingkat Nasional sehingga terpilih 5 (lima) Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan terbaik se Indonesia.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan (PPKJ) adalah meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dalam rangka pembentukan karakter budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Sedangkan tujuan dilaksanakannya kegiatan PPKJ adalah untuk meningkatkan kesadaran dan peran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas, menanamkan dan membangun kesadaran generasi muda berprilaku tertib lalu lintas, lebih bertanggungjawab untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas, menyebarluaskan informasi ke rekan-rekan sesama pelajar disekitarnya tentang keselamatan, dan mengurangi resiko kecelakaan di jalan

Pelaksanaan kegiatan pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan (PPKJ) dilaksanakan selama 4 (empat) hari pada tanggal 11 Maret sampai dengan 14 Maret 2019 bertempat di The Rizen Hotel Cisarua Kecamatan Cisarua.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Bogor dihadiri oleh perwakilan dari KAPOLRES, DITJEN Kementrian Perhubungan, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan Narasumber. Kegiatan PPKJ ditutup oleh Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor sekaligus memberikan langsung hadiah kepada 3 (tiga) pemenang terbaik.

Peserta yang mengikuti acara tersebtu terdiri dari 42 siswa/siswi dari 41 Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor. Ke 41 Sekolah Menengah yang mengirimkan siswa/siswinya adalah: SMAN 1 Babakan Madang, SMAN 1 Ciampea, SMAN 1 Citeureup,  SMAN 2 Cibinong, SMAN 3 Cibinong,  SMAN 1 Cisarua,  SMAN 1 Ciseeng, SMAN 1 Sukaraja, SMAN 1 Gunung Putri , SMAN 2 GunungPutri, SMKN 1 Gunung Putri, SMAN 1 Tajur Halang, SMAN 1 Jonggol, SMAN 1 Cariu, SMAN 1 Nanggung, SMKN 1 Gunung Sindur, SMAN 1 Cibungbulang, SMAN 1 Ciawi, SMAN 1 Mega Mendung, SMAN 1 Tenjolaya, SMAN 1 Leuwilliang, SMAN 1 Dramaga, SMAN 1 Parung, SMAN 1 Klapanunggal, SMAN 1 Ranca Bungur, SMAN 1 Cigudeg, SMAN 1 Leuwisadeng, SMAN 1 Caringin, SMAN 1 Rumpin, SMAN 1 Jasinga, SMAN 1 Cigombong, SMKN 1 Cibinong, SMAN 1 Suka Makmur, SMAN 1 Ciomas, SMAN 1 Taman Sari, SMAN 1 Cijeruk, SMAN 1 Tanjung Sari, dan  SMAN 1 Tenjo.

Sedangkan materi yang diberikan adalah seputar, Keselamatan lalu lintas, Pertolongan pertama pada kecelakaan, Bahaya narkoba, Penindakan dalam pelanggaran, dan Peran pemuda dalam keselamatan berlalu lintas.

Penilaian terhadap peserta pemilihan PPKJ meliputi penilaian terhadap karya tulis, pengetahuan di bidang kelalulintasan dan angkutan jalan, yang meliputi 5 (lima) unsur yaitu: Kepemimpinan (leadership), Kemampuan berbicara di depan umum (public speaking), Norma / etika, Materi karyatulis, serta Uji materi.

Setelah melalui proses pembelajaran dari semua narasumber serta paparan karya tulis dari masing-masing peserta yang dilakukan oleh tim penilai, terpilih 3 peserta paling terbaik diantara yang terbaik sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor Nomor 551.34/2531-Bidang III Tanggal 14 Maret 2019 tentang Pemenang Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tingkat Kabupaten Bogor, yaitu:

Juara I, Lusianti dari SMAN 1 Pamijahan dengan judul karya tulis DBD Light  (Dimension of the barrier at the traffic light). Juara II, Dwiana Choirunnisa dari SMAN 1 Cisarua dengan judul karyat tulis Si JANTIK  (Jaket Anti Kantuk). Dan Juara III Farrel Taruna Candra dari SMAN 1 Babakan Madang dengan judul karya tulis Keamanan dan Keselamatan Berkendaraan Sepeda Motor dengan Dukungan Teknologi  Modern. Dan seluruh peserta terbaik akan mengikuti seleksi PPKJ tingkat Provinsi Jawa Barat yang direncanakan pada awal Agustus 2019, ****Fahri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *