Warga Cisarua Mandikan Jenasah dengan Air Galon

KBB Gemmarakyat.com,-  Cisarua – Karena air susah didapat pada musim kemarau ini, di Kampung Sindangsari, RT 4 RW 8, Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, terpaksa memandikan jenasah dengan air galon.

Asep Suhendar (35) selaku Ketua RW menuturkan, ia bersama warga yang lain berinisiatif mengambil air dari sumur swadaya dengan menggunakan galon karena tidak ada jeriken. “Dan kebetulan air sudah susah sejak 4 hari yang lalu,” ujarnya.

Untuk memandikan jenasah Watini (61) Asep dan warga yang lain membutuhkan sekitar 5 galon air. Air yang diambil sekitar 500 meter dari rumah duka, dikatakan, sejak beberapa hari ini tidak mengalir.

“Memang disini pernah ada bantuan ari sebanyak 3 kali untuk warga RW 8 Desa Pasirhalang. Sekarang kami membutuhkan air lagi karena sumber air di Cipametotan sudah surut,” ungkap Asep pada wartawan, Selasa (10/9).

Ia menyebutkan jika dilingkungan RW yang dipimpinnya terdapat 400 kepala keluarga. Kemudian para warga yang masih melakukan penanaman kurang lebih 30 persen dari air yang dikelola secara swadaya.

“Sekarang yang pertanian cuma 30 persen menggunakan air yang dikelola swadaya. Kalau yang gak punya mah nggak tani,” katanya.***( Endang Sopian)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *