Anggaran DD Sudah Ada, Nunggu DTKS dari DinSos Prov. Jabar.

foto Andi J, Pjs Kades Taringgul Landeuh Asep Mulyad.

Purwakarta, gemmarakyat.com ,- Pemerintah Desa Taringgul Landeuh Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, hingga saat ini belum memberikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), yang bersumber dari Dana Desa (DD), Tahap Pertama tahun 2020 bagi warga terdampak Covid-19.

Menurut, pengakuan Pejabat Kades Taringgul Landeuh Asep Mulyadi kepada Awak Media, siang tadi menyampaikan bahwa Dana Desa seluruhnya senilai Rp 800 juta rupiah.  Sehingga, dengan adanya Wabah Virus Corona Covid-19, atas ketentuan Pihak Pemerintah Pusat bahwa DD harus dialokasikan 25 persen untuk anggaran BLT DD bagi warga yang dinyatakan terdampak Covid-19. (30/4-2020).

Menurutnya, anggaran DD sudah ada di Rekening Desa, namun kami bukan sengaja menunda-nunda  pembagian BLT DD bagi Keluarga Penerima Manfaat sebanyak 88 Kepala Keluarga. Akan tetapi, masih menunggu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial Propinsi Jabar.

Itu dilakukan, Ujar Asep agar Pemdes Taringgul Landeuh mengetahui persis data real nama dan Penerima Bansos yang dikirim dari Dinsos Propinsi Jabar khususnya. Sehingga, tidak terjadi tumpang-tindih dalam pembagian bantuan. Dikhawatirkan nantinya ada nama penerima yang sama terdata di BLT DD dan di DTKS Propinsi Jabar.

Untuk itu, kami dari beberapa Pemdes di Wilayah Kecamatan Kiarapedes sepakat untuk BLT DD bagi yang terdampak Covid-19 akan dibagikan minggu pertama di bulan mei 2020. Mudah-mudahan, sebelum masuk di awal bulan mei, DTKS Propinsi Jabar sudah kami terima,”ujar Asep.

Jika di awal bulan mei DTKS Propinsi Jabar belum juga diterima tiap Desa Taringgul Landeuh khususnya, maka mau tidak mau BLT DD akan langsung disalurkan kepada haknya KPM tersebut,”tambahnya.

Hal yang sama disampaikan Operator Desa Taringgul Landeuh Abdul Mujib, untuk pendataan nama yang layak menerima Bansos Terdampak Covid-19 kami sudah lakukan validasi, baik dikirim ke Pihak Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta, DTKS maupun Non DTKS Propinsi Jabar. Kini, kami menunggu data real dari semua instansi terkait, agar dalam Pembagian BLT DD bagi KPM di Desa Taringgul Landeuh khususnya sesuai tidak ada KK yang menerima Bansos Ganda nantinya. **(AJ*).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *