KIC Wilayah 04, Peringati 3 Hari Besar

Bandung gemmarakyat.com,– Komunitas Informasi Citarum KIC adalah suatu MITRA POLRI. Kemitraan ini dibentuk oleh pembina KIC yaitu Citarum 93 atau biasa disebut Wa Tabo, nama yang di kenal oleh anggota KIC. Dibentuknya kemitraan ini untuk membantu masyarakat, bukan untuk membantu kerja polisi. Polisi dan KIC bersinergi untuk menciptakan situasi kondisi yang tetap aman di wilayah hukum nya. KIC tersebar diberbagai wilayah dari mulai wilayah barat yaitu, Cianjur-Padalarang-Cimahi hingga ke wilayah timur yaitu daerah Bandung. Awalnya KIC hanya di Wilkum Cimahi, namun berjalannya waktu di ikut sertakan wilayah diluar Cimahi seperti Cianjur dan Bandung yang biasa disebut dengan Partisipan.

Hal tersebut dikatakan, Usep Sekjen KIC wilayah 04, kepada media gemmarakyat.com, Usai kegiatan pada Kamis (20/8/2020). Di aula desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Dalam acara itu telah di undangkan kepada sejumlah pejabat daerah namun dikarenakan ada halangan mereka tidak dapat hadir, lanjut Usep, KIC wilayah 04 yang meliputi 2 kecamatan yakni Cisarua dan Parongpong, dalam teknis operasi tugas nya menggunakan HT atau biasa disebut handy talkie untuk alat menginformasikan kepada rekan-rekan ataupun kepada pihak kepolisian.

” Semua anggota KIC biasanya sudah memiliki HT nya masing masing, dan memiliki slogan Cepat, Tanggap, Akurat,” Ujar nya.

Dalam kesempatan itu Pembina KIC, Kasat Binmas Polres Cimahi, Aiptu, Tatang Rochman, menuturkan dalam momentum hari Veteran nasional kali ini, KIC mengajak kepada para veteran dalam mengisi kemerdekaan dengan spirit meningkatkan pembangunan di bidang sumber daya manusia SDM

” Dalam pelaksanaan tugas nya KIC berlandaskan kepada 3 unsur yaitu Keamanan, Lalulintas dan Bencana Alam. hari ini KIC memperingati 3 hari besar yaitu hari 1 Muharram, veteran nasional dan hari ulang tahun kemerdekaan RI. Dulu tentara berjuang melawan penjajah dengan menggunakan senjata dan berbagai upaya dalam mempertahankan negara, kini berjuang dengan semangat nilai nilai 45 untuk mensukseskan pembangunan nasional dalam peningkatan  kesejahteraan. Untuk itu, semoga kegiatan ini menjadi sinergi KIC dengan LVRI lebih solid terintegrasi,” Tutup nya.

Di tempat sama, Korwil KIC Wilayah 04, Iding, menambahkan bahwa

Semua anggota KIC telah memahami segala SOP atau standar operating procedur. Karena KIC tetap saja kemitraan maka dari itu, KIC tidak memiliki wewenang seperti polisi. KIC hanya menginformasikan kejadian yang benar benar terjadi dan bisa di pertanggung jawabkan laporannya. Maka setelah ada nya laporan pihak kepolisian yg memonitor jalur freqkuensi akan terbantu oleh info yg didapat agar lebih quick response karena jika polisi bekerja sendiri kurang efektif perlu adanya campur tangan masyarakat karena polisi jumlahnya terbatas. Maka dibentuklah KIC, Jelas nya.**(Eker/Yusuf*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *