Penyuluhan Menghindari Stunting Desa Cukang Genteng.

Kab. Bandung gemmarakyat.com,– Desa Cukang genteng, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, menyelenggarakan Kegiatan penyuluhan sosial kesehatan mengenai penanggulangan Stunting, di aula kantor desa.

Kegiatan tersebut di hadiri kepala desa cukang genteng, kader posyandu, puskesmas, serta para tamu undangan lainnya. Senin (7/9/2020).

Dalam sambutan nya, kepala desa cukang genteng, Rosiman menyampaikan serta memberi himbauan agar kepada para kader posyandu dan ibu hamil dalam aktifitas nya untuk senantiasa menjaga kesehatan.

” kita semua sudah tahu, bangsa ini sedang di landa wabah covid 19, oleh karena Itu saya tekankan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, sesuai dengan anjuran pemerintah, seperti menjaga jarak dan tidak berkerumum, juga tetap memakai masker dalam melakukan bermacam kegiatan, oleh karena nya untuk saat ini, apapun kegiatan nya belum bisa sepenuh nya, atau bisa di bilang belum maksimal, karena di khawatirkan terinfeksi virus corona ” ujar Rosiman.

Dalam penyuluhan tersebut, para kader posyandu mensosialisasikan terutama terhadap ibu hamil untuk selalu menjaga kebersihan dan memeriksakan kehamilan nya secara rutin sebulan sekali, Hal Itu di lakukan supaya kandungan tetap terjaga, sehingga secara otomatis kesehatan ibu serta anak yang di kandung sampai kelahiran nya selamat, tidak ada menemui kendala yang berarti, tutur nya.

Hal Sama dikatakan Bidan, Elis Tanti, bahwa untuk mempercepat penurunan stunting, puskesmas dan posyandu harus memantau Pertumbuhan balita diantaranya melalui penimbangan dan pengukuran serta pengisian kartu menuju sehat (KMS), pemberian kapsul vitamin, praktek pemberian makan bayi dan anak (PMBA), pendidikan gizi ibu balita, minum tablet tambah darah.

Elis melanjutkan, balita perlu dipantau pertumbuhannya setiap bulan di posyandu. Selain itu, ibu balita perlu ingat bahwa balitanya harus mendapatkan kapsul vitamin secara berkala

“Hasil dari penyuluhan ini harus dipraktikkan di rumah ya, supaya balita mendapatkan asupan makanan bergizi yang sesuai dengan kebutuhannya, sehingga daya tahan tubuhnya menjadi lebih baik, dan anak jarang sakit, terhindar dari risiko stunting. tidak hanya kepada bayi dan balita, para ibu hamil juga dianjurkan untuk rutin mengikuti kelas ibu hamil agar ibu dan calon anak sehat serta terhindar dari risiko stunting,” tutup Bidan Elis. **(Euis/Yusuf*).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *