MEMANUSIAKAN PARA LANSIA, BRLSU ADAKAN KAMPANYE NASIONAL LANJUT USIA.

KBB gemmarakyat.com,– Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, para lanjut usia (lansia) mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara lainnya di republik ini. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita memberikan ruang kreativitas bagi mereka, sebagai bagian dari atensi negara atas keberadaannya.

Hal itu terungkap dalam sambutan Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, Ari Hikmat pada acara Kampanye Nasional Lanjut Usia, yang diselenggarakan oleh Balai Rehabilitasi Lanjut Usia (BRLSU) Budhi Dharma Bekasi di Hotel Santika Kawasan Mega City Bekasi kemarin (12/10/2020).

“Karenanya saya sangat mengapresiasi para pengurus Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang hadir dari 3 provinsi (Jabar, DKI, dan Banten) ini. Sehingga ‘output’-nya adalah bapak dan ibu semua dapat mengetuk tularkan informasi ini kepada seluruh LKS yang ada di Indonesia.” Ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, H.Dodo dalam sambutannya menyebutkan bahwa dalam kondisi zaman seperti saat ini banyak sekali pekerjaan sosial yang harus dilakukan oleh para pengelola LKS.

“LKS yang ada di Jawa Barat masih terbatas, itupun yang aktif hanya beberapa saja. Padahal keberadaan lansia di Jabar cukup banyak yang terlantar. Perlu kami sampaikan bahwa di Jabar LKS ini sudah diberikan SK Gubernur, dan namanya kami sebut PUSAKA atau Pusat Santunan Keluarga. Tugasnya bukan sekedar menyantuni para lansia secara materi, tapi juga dengan keterampilan yang bisa menjadikan mereka produktif.” Kata Kadinsos.

Salah satu LKS atau PUSAKA yang mewakili Provinsi Jawa Barat dalam kegiatan itu adalah Yayasan Waoneag Cinta Kasih dari Padalarang KBB. Kang Wawan AG sebagai pengelola LKS ini menyebutkan bahwa perlu adanya sinergitas semua pihak dalam mengurus dan memberdayakan para lansia.

“Alhamdulillah kami diberi kesempatan ikut serta dalam acara ini. Sehingga kami merasa semakin terarah dalam menjalankan tugas mulia ini. Mudah-mudahan kami dan para LKS dari 3 provinsi ini dapat bekerja sama dengan seluruh pihak, terutama para pemangku kebijakan di setiap daerah kerja kami. Kepedulian kita semua kepada para lansia sangatlah diperlukan.” Tegasnya.**(daswan*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *